« Home | silsilah iman kpd hari akhir -11- » | silsilah iman kpd hari akhir -10- » | silsilah iman kpd hari akhir -9- » | silsilah iman kpd hari akhir -8- » | Silsilah Iman Kepada Hari Akhir -7- » | silsilah iman kpd hari akhir -6- » | silsilah iman kpd hari akhir -5- » | silsilah iman kpd hari akhir -4- » | Silsilah Iman Kepada Hari Akhir ( 1 ) » | Rindu Baitullah -2- »

RAMADHAN TAHUN INI HARUS BERBEDA !!...


Pernahkah anda berpikir wahai saudaraku untuk menjadikan Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang berbeda ?!..
Bulan Ramadhan adalah bulan kemenangan bagi tiap muslim. Dia adalah bulan kesempatan untuk perubahan diri menjadi lebih baik. Tiap hari dalam bulan ramadhan adalah kesempatan emas dan medan yang luas untuk bertaqarrub, mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai macam ketaatan hingga memperoleh pahala yang agung.

Menggunakan kesempatan bulan ramadhan dengan baik merupakan kewajiban bagi tiap muslim. Dibawah ini ada ide-ide, Suggested Daily Activities in Ramadhan, yang insyaAllah dapat membantu kita untuk memanfaatkan bulan Ramadhan.

1. Waktu Fajar menyingsing
*menjawab muadzin dan berdoa setelah muadzin selesai
"اللهم رب هذه الدعوة التامة والصلاة القائمة آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محمودا الذي وعدته"
*Mengerjakan sholat sunnah fajar di rumah. "Dua rakaat fajar lebih utama dari dunia dan isinya" (HR.Muslim). Rosulullah ketika sholat sunnah ini membaca surat al kafirun pada rakaat pertama, dan al ikhlash pada rakaat kedua. (HR.Muslim).
*Mengerjakan sholat fardhu subuh di masjid bagi kaum laki-laki. "Berikan kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan dalam kegelapan menuju ke masjid, yaitu mereka akan mendapat cahaya yang sempurna pada hari qiyamat". (HR. Tirmidzi dan disahihkan oleh Albani)
*Menyibukkan diri dengan doa dan dzikir hingga iqamat dilaksanakan. "Doa tidak ditolak antara waktu adzan dan waktu iqamat". (HR. Ahmad dan disahihkan oleh Albani)
*berdiam diri di Masjid bagi kaum laki-laki, dan bagi kaum wanita di tempat sholatnya:
berdzikir atau membaca doa pagi hari
membaca al qur'an. Jika membaca seperempat juz maka akan khatam sekali, jika membaca setengah juz maka kan khatam dua kali, jika membaca satu juz maka akan khatam selama tiga kali dalam bulan ramadhan. Barang siapa yang dapat memperbanyak tilawah al qur'an maka dia telah memperoleh kebaikan yang tak terhingga.
seperempat jam setelah matahari terbit maka mengerjakan sholat sunnah dua rakaat dengan mengingat pahala haji dan umrah. "Barang siapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berzikir hingga terbit matahari lalu sholat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna". (HR. Tirmidzi dan disahihkan oleh AlBani)


2. setelah keluar dari masjid
*Tidur dengan mengharapkan pahala dari tidur tersebut.
*Mengerjakan sholat dhuha meski dua rakaat saja.
*Pergi kerja atau mencari ilmu dengan mengharap pahala dari hal tersebut. "tiada seseorang yang makan makanan yang lebih baik dari hasil pekerjaannya, dan sesungguhnya nabi Dawud makan dari hasil kerja tangannya". (HR. Bukhori)
"Barang siapa yang berjalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga" (HR. Muslim)
*Menyibukkan diri dengan zikir sepanjang hari. "Sesungguhnya dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan tenang" (Ar Ro'd:82). "amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu engkau meninggal sedangkan lisanmu senantiasa basah karena berdzikir kepadaNya" (HR. Ibnu Hibban dan disahihkan oleh Albani)


3. Waktu Dhuhur
menjawab muadzin dan berdoa setelah muadzin selesai, lalu diteruskan dengan sholat dhuhur berjama'ah di masjid bagi laki-laki. Bagi kaum wanita mengerjakan sholat di rumah, boleh juga di masjid.
Mengerjakan sholat sunah rawatib, yaitu 4 rakaat sebelum dhuhur, dan 2 rakaat setelah dhuhur. "Barang siapa yang sholat 12 rakaat sunnah sehari semalam maka akan dibangunkan baginya istana di surga" (HR. Muslim)

4. Waktu Ashar
menjawab muadzin dan berdoa setelah muadzin selesai, lalu diteruskan dengan sholat ashar berjama'ah di masjid bagi laki-laki. Bagi kaum wanita mengerjakan sholat di rumah lebih baik, boleh juga di masjid.
membaca doa sore hari.
membaca al qur'an. Jika membaca seperempat juz maka akan khatam sekali, jika membaca setengah juz maka kan khatam dua kali, jika membaca satu juz maka akan khatam selama tiga kali dalam bulan ramadhan. Barang siapa yang dapat memperbanyak tilawah al qur'an maka dia telah memperoleh kebaikan yang tak terhingga.
Mendengarkan mauidhoh (ceramah) di masjid jika ada. "Barang siapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan kecuali untuk belajar suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala orang yang berhaji" (HR. Tabrani dan disahihkan oleh Hakim)
Istirahat atau tidur dengan niat mengharapkan pahala di dalamnya.

5. sebelum maghrib.
*mengerjakan salah satu dari hal-hal berikut:
1. mengerjakan pekerjaan rumah
2. mendengarkan ceramah, lewat kaset, internet, dsb.
3. membantu orang lain untuk memberi buka kepada orang yang berpuasa.
*berdoa kepada Allah


6. Waktu maghrib
* menjawab muadzin dan berdoa setelah muadzin selesai, berbuka dengan rutob, atau kurma, atau air dengan mengiringi mengharap pahala mengikuti sunnah rasulullah. Ketika berbuka berdoa dengan doa:
"ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله"
"telah hilang dahaga, dan basahlah kerongkongan, dan tetaplah pahala dengan kehendak Allah" (HR. Abu Dawud dan disahihkan oleh Albani)
* lalu diteruskan dengan sholat maghrib berjama'ah di masjid bagi laki-laki. Bagi kaum wanita mengerjakan sholat di rumah, boleh juga di masjid..
*Mengerjakan sholat sunnah ba'diyah maghrib 2 rakaat.
*berkumpul dengan keluarga untuk berbuka seraya bersyukur kepada Allah karena telah menyempurnakan puasa hari ini.
*Bersiap-siap untuk sholat isya' dan tarawih dengan berwudhu dan memakai wangi-wangian bagi kaum laki-laki saja, serta merasakan pahala setiap langkah ke masjid sebagai pahala.
"Perempuan mana yang memakai wangi-wangian lalu ia keluar dan melewati suatu kaum hingga mereka merasakan wanginya, maka perempuan tersebut seakan-akan pezina" (HR. Abu Dawud dan disahihkan oleh Albani)

7. waktu Isya'
Menyibukkan diri dengan doa dan dzikir hingga waktu iqamat. "Doa antara adzan dan iqamat tidak ditolak" (HR. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud dan disahihkan oleh Albani)
Memenuhi panggilan muadzin dengan mengerjakan sholat isya' jama'ah di masjid bagi kaum laki2. Bagi kaum wanita mengerjakan sholat di rumah, boleh juga di masjid..
Mengerjakan sholat sunnah bakdiyah isya' dua rakaat.
Mengerjakan sholat tarawih berjamaah secara sempurna dengan imam di masjid. "sesungguhnya barang siapa yang sholat bersama imam hingga selesai maka ditulis baginya pahala sholat qiyam satu malam" (HR. Tirmidzi dan disahihkan albani)
Membaca al qur'an. Membaca al qur'an. Jika membaca seperempat juz maka akan khatam sekali, jika membaca setengah juz maka kan khatam dua kali, jika membaca satu juz maka akan khatam selama tiga kali dalam bulan ramadhan. Barang siapa yang dapat memperbanyak tilawah al qur'an maka dia telah memperoleh kebaikan yang tak terhingga.
Mengerjakan salah satu hal dibawah ini:
silaturrahim
mendengarkan ceramah
berdakwah lewat internet
menghafal al quran

8. waktu sepertiga terakhir malam
mengerjakan sholat tahajjud dengan memanjangkan sujud dan ruku' dan mengerjakannya secara berjamaah di masjid pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.
Mengerjakan sholat witir jika belum mengerjakannya dengan imam. "sesungguhnya Allah menambah kepada kalian sholat, maka jagalah yaitu sholat witir" (HR. Ahmad dan disahihkan oleh Albani)
Membaca al qur'an. Membaca al qur'an. Jika membaca seperempat juz maka akan khatam sekali, jika membaca setengah juz maka kan khatam dua kali, jika membaca satu juz maka akan khatam selama tiga kali dalam bulan ramadhan. Barang siapa yang dapat memperbanyak tilawah al qur'an maka dia telah memperoleh kebaikan yang tak terhingga
Sahur dengan merasakan bahwa hal itu adalah ibadah kepada Allah. "bersahurlah sesungguhnya dalam sahur itu terdapat barokah" (HR. Bukhori Muslim)
Doa dan beristighfar hingga masuk adzan subuh. "Allah turun setiap malam ke langit dunia ketika sisa sepertiga terakhir malam, Dia berkata: "siapa yang berdoa kepadaKu maka Aku kabulkan, siapa yang meminta kepadaKu maka Aku berikan, siapa yang beristighfar padaKu maka Aku ampuni". (HR. Bukhori Muslim)
Di akhir kata, kits senantiasa memohon kepada Allah, semoga kita termasuk orang-orang yang shiyam dan qiyam di bulan ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala dari Allah, aamin.

Diterjemahkan dari silsilah al allamatain Ibnu Baz dan Albani.

1 Responses to “RAMADHAN TAHUN INI HARUS BERBEDA !!...”

  1. # Blogger faisol

    terima kasih sharingnya...
    semoga bisa menjadi ilmu yg bermanfaat & Multi Level Pahala (MLP), amin...

    sebagai tambahan:
    "mari kita niati sekolah, kuliah, kerja atau apa pun aktivitas kita sebagai ibadah..."


    selamat Berpuasa... semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT, amin...

    sebagai pelengkap, saya membuat tulisan untuk menjawab mengapa kita masih didera malas beribadah, baik mahdhah maupun ghayru mahdhah, terutama di luar Ramadhan...

    tulisan tentang "Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?"

    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin...

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/  

Post a Comment

Links to this post

Create a Link



www.flickr.com

© 2006 ummi asiya | Blogger Templates by GeckoandFly| diutak-atil olehabi asiya .