« Home | Silsilah Iman Kepada Hari Akhir ( 1 ) » | Rindu Baitullah -2- » | SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR ( -3- ) » | silsilah iman kpd hari akhir ( 2 ) » | Rindu Baitullah » | fikih wanita bab puasa » | 10 Bulan Asiya » | Ramadhan di Kuwait tahun ini » | Tetangga -part 1- » | Ayo Asiya,lagi, lagi dan lagi :) »

silsilah iman kpd hari akhir -4-

SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR ( -4- )

*Tanda – tanda sughra yang belum terjadi

Kepulauan jazirah arab berubah menjadi subur, tanah yang tandus menjadi kebun dan ladang yang subur, serta adanya sungai-sungai yang mengalir.
Dari Abu Hurairah : Rasulullab bersabda: "Qiyamat tidak terjadi hingga harta menjadi banyak, hingga seseorang mengeluarkan zakat maalnya dan dia tidak mendapatkan orang yang menerimanya, dan hingga tanah arab menjadi sungai dan kebun-kebun subur". (HR. Muslim)
Bulan sabit menjadi agak tebal.
Termasuk tanda-tanda dekatnya hari qiyamat, bulan sabit (yang biasa dilihat pada permulaan bulan-bulan hijriyah) terlihat menebal sehingga dikira bahwa bulan sabit itu untuk permulaan dua atau tiga malam. Dari Ibnu Mas'ud berkata: Rasulullah bersabda: "termasuk tanda dekatnya hari qiyamat: Menebalnya bulan sabit". (HR. Thabrani,, Imam Albani berkata: hadits ini shahih sanadnya)
binatang buas dan benda-benda mati berbicara dengan manusia
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Said Al Khudri, ia berkata: Seekor serigala menyerang seekor kambing, lalu menangkapnya. Si penggembala kambing meminta kambingnya dan menyerang serigala, hingga ia melukai ekor serigala. Lalu serigala berkata: apakah kau tidak takut kepada Allah? Mengapa engkau mengambil rizki (ekor) yang telah Allah rizkikan kepadaku?. Si penggembala berkata: Aneh dan ajaib sekali. Seekor serigala yang terluka ekornya berbicara kepadaku sebagaimana pembicaraan manusia.. Serigala menimpali: maukah kau aku beritahu hal yang lebih ajaib dari itu? Muhammad Saw di Yatsrib memberitahu orang-orang tentang berita yang telah lalu. Si Penggembala lalu menggiring kambingnya hingga sampai Yatsrib, lalu mendatangi Rasulullah dan dia memberitahukan kepada Rasulullah apa yang terjadi. Lalu Rasulullah memerintah untuk sholat jamaah, kemudia keluar dan berkata kepada penggembala: beritahukan hal itu kepada orang-orang. Lalu dia menceritakannya. Rasulullah bersabda: ia berkata benar. Demi Dzat yang jiwaku berada ditanganNya, hari qiyamat tidak akan terjadi hingga binatang buas berbicara kepada manusia, dan seseorang berbicara kepada cemetinya juga sandalnya…".
Sungai Eufrat akan terlihat karena berhenti aliran airnya dan memperlihatkan kekayaannya (gunung) emas.
"Segera sungai Eufrat akan memperlihatkan kekayaan (gunung)
emas, maka siapa pun yang berada pada waktu itu , hendaklah tidak mengambil apapun darinya" (HR. Tirmidzi)
Bumi mengeluarkan harta-hartanya yang tersimpan.
Dari Abu Hurairah: Rasulullah berkata: "Bumi memuntahkan harta-hartanya yang terpendam seperti gunungan emas dan perak. Hingga seoragn pembunuh datang dan berkata: karena ini aku membunuh! Dan seorang yang memutus silaturrahim datang dan berkata: karena ini aku memutus tali silaturrahim! Dan seorang pencuri datang dan berkata: karena ini pula aku mencuri!" (HR. Muslim)
Kaum Muslimin terkepung di Madinah
Seorang Jahjah menjadi Raja
" Hari kiyamat tidak terjadi hingga keluar seorang laki-laki dari suku Qahtan menggiring manusia dengan tongkatnya" (Muttafaq alaih). Dalam riwayat Muslim "Hari dan Malam tidak akan berhenti hingga seorang laki-laki bernama Jahjah menjadi penguasa".
8. Datangnya Imam Mahdi
Allah akan mengutus di akhir zaman seorang kholifah yang adil dan bijaksana. Beliau berasal dari keluarga Rasulullah dari silsilah Fatimah. Hadtis tentang munculnya Imam Mahdi ini sangat banyak hingga dihukumi mutawatir secara makna. Di antara hadits tersebut:
1. Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Bila tidak tersisa dari dunia kecuali satu hari –Za`idah (salah seorang rawi) mengatakan dalam haditsnya– tentu Allah akan panjangkan hari tersebut, sehingga Allah utus padanya seorang lelaki dariku –atau dari keluargaku–. Namanya sesuai dengan namaku, dan nama ayahnya seperti nama ayahku. Ia memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana sebelumnya telah dipenuhi dengan kedzaliman dan keculasan.” (Hasan Shahih, HR. Abu Dawud)
2. Dari ‘Ali (bin Abi Thalib) radhiyallahu ‘anhudari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia mengatakan: “Bila tidak tersisa dari masa ini kecuali satu hari, tentu Allah akan munculkan seorang lelaki dari ahli baitku (keluargaku) yang akan memenuhi dunia dengan keadilan sebagaimana (sebelumnya) telah dipenuhi dengan kecurangan.” (Shahih, HR. Abu Dawud)
3.Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “Al-Mahdi dariku, dahinya lebar, hidungnya mancung, memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana (sebelumnya) telah dipenuhi dengan kedzaliman, berkuasa selama 7 tahun.” (Hasan, HR. Abu Dawud)

Nama Al-Imam Al-Mahdi dan Nasabnya
Nama beliau adalah Muhammad atau Ahmad bin Abdullah. Seperti dalam hadits yang lalu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan: “Namanya sesuai dengan namaku, dan nama ayahnya sesuai dengan nama ayahku.”
Dia dari keturunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, di mana disebutkan dalam riwayat: “Dari ahli baitku.” (HR. Abu Dawud)
Dalam riwayat lain: “Dari keluarga terdekatku (‘itrah-ku).” (HR. Abu Dawud)
Dalam riwayat lain: “Dariku.” (HR. Abu Dawud) dari jalur perkawinan ‘Ali bin Abu Thalib dan Fathimah bintu Rasulillah. Sebagaimana dalam hadits yang lalu dikatakan: “Seseorang dari keluargaku” dan “dari anak keturunan Fathimah.” (HR. Abu Dawud)
Oleh karenanya, Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan: “Dia adalah Muhammad bin Abdillah Al-‘Alawi (keturunan Ali) Al-Fathimi (keturunan Fathimah) Al-Hasani (keturunan Al-Hasan). Allah Subhanahu wa Ta’ala memperbaikinya dalam satu malam yakni memberinya taubat, taufik, memberinya pemahaman serta bimbingan padahal sebelumnya tidak seperti itu.” (An-Nihayah fil Malahim wal Fitan, 1/17, Program Maktabah Syamilah)

Sifat Fisiknya
Di antara sifat fisiknya
“Tersingkap rambutnya dari arah kepala bagian depan,” atau “Dahinya lebar.”
“Hidungnya mancung, ujungnya tajam, bagian tengahnya agak naik.”
Al-Qari mengatakan: “Maksudnya, beliau tidak pesek, karena yang demikian adalah bentuk yang tidak disukai.”

Menebar Keadilan
Di antara sifat Al-Mahdi adalah bahwa ia menebar keadilan dan melenyapkan kedzaliman serta keculasan. Sebagaimana tersebut dalam hadits: “Memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezhaliman.” (HR. Abu Dawud)
Waktu munculnya
Adapun Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan: “Munculnya, nanti di akhir zaman. Dan saya kira, keluarnya adalah sebelum turunnya ‘Isa bin Maryam".

Masa Kekuasaannya
Terdapat dalam Sunan At-Tirmidzi
Sesungguhnya pada umatku ada Al-Mahdi. Ia muncul, hidup (berkuasa) 5 atau 7 atau 9.” –Zaid (salah seorang rawi/periwayat) ragu–. Abu Sa’id mengatakan: “Apa itu?” Beliau menjawab: “Tahun.”

Asal Munculnya
Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan:
“Munculnya Mahdi dari negeri-negeri timur bukan dari gua Samarra, seperti disangka oleh orang-orang bodoh dari kalangan Syi’ah.” (An-Nihayah Fil Malafim wal Fitan, 1/17, Program Maktabah Syamilah)

Wallahu A'lam bis showab

0 Responses to “silsilah iman kpd hari akhir -4-”

Post a Comment

Links to this post

Create a Link



www.flickr.com

© 2006 ummi asiya | Blogger Templates by GeckoandFly| diutak-atil olehabi asiya .