« Home | silsilah iman kpd hari akhir -4- » | Silsilah Iman Kepada Hari Akhir ( 1 ) » | Rindu Baitullah -2- » | SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR ( -3- ) » | silsilah iman kpd hari akhir ( 2 ) » | Rindu Baitullah » | fikih wanita bab puasa » | 10 Bulan Asiya » | Ramadhan di Kuwait tahun ini » | Tetangga -part 1- »

silsilah iman kpd hari akhir -5-

SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR -5-
TANDA – TANDA KUBRA


Ada beberapa tanda – tanda kubra yang akan datang. Tanda – tanda kubra ini menandakan bahwa qiyamat sudah benar – benar dekat. Begitu tanda – tanda kubra datang, maka qiyamat datang setelahnya langsung.

Dari Hudzaifah Bin Usaid Al Ghifary, ia berkata: Rasulullah datang kepada kita (para sahabat) sedang kami dalam kondisi belajar. Beliau bersabda: "apa yang kalian pelajari?" mereka menjawab: kami sedang mengingat – ingat hari qiyamat. Lalu beliau bersabda: "qiyamat tidak akan terjadi hingga kalian melihat 10 tanda". Dan beliau menyebutkan Dukhon, dajjal, dabbah, matahari terbit dari arah barat, turunnya Nabi Isa al Masih, terjadinya 3 gerhada bulan; gerhana di timur, gerhana di barat, dan gerhana di jazirah arab, dan yang terakhir api yang keluar dari arah Yaman yang menggiring manusia ke tempat mahsyar". ( HR. Muslim ).

Rasulullah telah memberitahukan, bahwa nanti akan ada perang besar antara kaum muslimin dan romawi (yang dinamakan Malhamah), hal ini yang pertama kali terjadi. Setelah itu penaklukan konstantinopel oleh kaum muslimin, lalu keluarnya dajjal. Dari Mu'adz bin Jabal: Rasulullah bersabda: "berdiri tegaknya Baitul maqdis, dengan itu Hancurnya kota Madinah, setelah itu Malhamah, Penaklukan konstantinopel, kemudian Keluarnya Dajjal. (HR. Abu Dawud, hadits shohih)
Setelah Dajjal keluar, Isa al Masih turun dan membunuh Dajjal, lalu keluarnya Ya'juj Ma'juj pada masa Isa dan Allah akan membinasakan mereka. Ketertiban tanda-tanda tersebut sangat jelas hingga sampai di sini.
Adapun tanda-tanda kubra yang lain, urutannya tidak sejelas tanda-tanda yang di atas.
Terbitnya matahari dari arah barat, keluarnya Dabbah, juga Dukhon, tiga gerhana, tanda-tanda ini tidak diketahui urutannya dari nash – nash yang ada. Adapun terbitnya matahari dari arah barat, keluarnya dabbah, kedua tanda tersebut datang setelah turunnya Nabi Isa dan pembunuhan Dajjal juga binasanya Ya'juj Ma'juj pada masanya, dan setelah kerusakan manusia, juga setelah hancurnya agama Islam tetapi sebelum keluarnya api yang akan menggiring manusia. Namun di antara dua tanda itu - terbitnya matahari dari arah barat, keluarnya dabbah- manakah yang lebih dahulu?. Tidak ada nash yang pasti tentang hal ini.

DUKHAN

Allah berfirman:
[10] Oleh itu tunggulah (wahai Muhammad) semasa langit membawa asap kemarau yang jelas nyata (yang menyebabkan kebuluran yang dahsyat),
[11] Yang akan menimpa seluruh keadaan manusia (yang kafir itu, sehingga mereka akan berkata): Ini adalah azab yang sungguh menyakitkan (Ad Dukhon)

Tentang tanda "dukhon" ini ada tiga pendapat[1]:
tanda dukhon ini belum terjadi, dan dia termasuk tanda kubra. Dukhon (asap yang tebal) ini akan berlangsung selama 40 hari, tebal hingga memenuhi di antara bumi dan langit. Seorang mukmin ketika terkena asap ini, seperti halnya ia terkena sakit pilek. Adapun sebaliknya, orang kafir dan fajir, asap tersebut akan masuk ke hidung hingga membuat sesak nafas, telinga tertutup hingga tidak bisa mendengar. Ali, Ibnu Abbas dan Abu Hurairah termasuk ulama yang berpendapat seperti ini.
dukhon yang dimaksud dalam ayat di atas, yaitu kelaparan yang menimpa kaum Quraisy karena sebab doa Rasulullah atas mereka. Ini merupakan pendapat Ibnu Mas'ud.
dukhon yang terjadi pada hari penaklukan kota mekkah, dukhon tersebut hingga menutupi langit. Ini merupakan pendapat Abdurrahman al a'raj.

FITNAH DAJJAL
*Dajjal merupakan fitnah yang terbesar
Fitnah Dajjal terjadi di akhir zaman yang merupakan fitnah terbesar dalam sejarah manusia. Rasulullah bersabda: "tiada fitnah antara penciptaan Adam hingga datangnya hari qiyamat finah yang lebih besar dari Dajjal" (HR. Muslim).
Karena itu semua Nabi memeberikan peringatan kepada kaumnya tentang Dajjal. Rasulullah bersabda: "tiada seorang nabi yang diutus kecuali dia telah memberi peringatan kepada kaumnya tentang Dajjal pendusta yang buta, sesungguhnya ia buta, dan Tuhan kalian tidak buta, dan sesungguhnya tertulis antara dua matanya kalimat kafir". ( HR. Bukhori dan Muslim )

*Kondisi kaum muslimin pada masa keluarnya dajjal
Berdekatan sebelum keluar dajjal, pada masa itu kaum muslimin sangat kuat dan disegani. Pada masa itu kaum muslim dan kaum Romawi –kaum nasrani- bersatu untuk melawan satu musuh yang sangat besar. Dan setelah itu akan terjadi perang besar antara mulimin dan romawi.
Dari Dzi Makhbar, ia berkata: Rasulullah bersabda: kalian akan berdamai dengan Romawi, kalian dan mereka akan berperang melawan satu musuh yang sama. Dan kalian akan menang dan memperoleh harta rampasan perang hingga kalian kembali –ke tempat semula- dengan selamat, hingga kalian sampai di suatu tempat yang berbukit, salah seorang dari kaum romawi nasrani mengangkat salibnya dan berteriak: menanglah kaum salib. Hingga seorang dari muslimin marah dan terjadilah perang besar antara kalian dan mereka – romawi nasrani-, dan Allah memuliakan kaum muslimin yang berperang dengan mati syahid". ( Misykat Mashobih, Al Albani berkata: shahih sanadnya )

* Al Malhamah dan penaklukan konstantinopel
Al Malhamah yaitu perang besar yang terjadi antara kaum muslimin dan kaum salib romawi. Sebab malhamah tersebut yaitu seperti yang sudah dijelaskan dalam point dan hadits di atas. Banyak hadits yang menerangkan tentang sifat malhamah dan kedahsyatannya, kesabaran kaum muslimin dalam perang tersebut, hingga mereka menang. Dalam barisan islam, ada kaum nasrani yang telah masuk islam dan bagus islamnya.

* Musim kering dan kelaparan sebelum keluar Dajjal
Sebelum Dajjal keluar, Manusia akan diuji dengan ujian yang sangat berat. Hujan tidak turun, bumi tidak mengeluarkan hasilnya. Dari Abu Umamah berkata: Rasulullah bersabda: "tiga tahun yang sangat berat sebelum keluarnya dajjal. Manusia di dalamnya akan mengalami masa kelaparan, pada tahun pertama Allah memerintah langit untuk tidak menurunkan 1/3 hujannya, dan memerintah bumi untuk tidak menumbuhkan 1/3 tumbuhannya, lalu pada tahun kedua Allah memerintah langit untuk menahan 2/3 hujan dan memerintah bumi untuk menahan 2/3 tumbuhan, lalu pada tahun ketiga Allah memerintah langit untuk menahan semua hujannya dan memerintah bumi untuk menahan semua tumbuhannya. Tiada yang hidup di dalamnya kecuali akan hancur kecuali apa-apa yang dikehendaki Allah. Dikatakan: apa yang hidup pada masa itu? . Rasul berkata: "Tahlil, takbir, dan tahmid, hal itu akan mencukupi seperti halnya makanan" (shohih jaami')

* sifat dajjal dan tanda-tandanya
Dajjal mendakwa mengaku sebagai tuhan, dan dia bisa berbuat hal-hal diluar akal manusia, hingga manusia menjadi pengikutnya. Rasulullah bersabda: "Barang siapa mendengar Dajjal datang, maka hendaklah ia menghindarinya. Demi Allah akan ada orang yang mendatanginya dan ia mengira bahwa ia seorang mukmin yang kuat, tetapi ia tertipu dan mengikuti dajjal karena kemampuannya untuk mendatangkan syubhat-syubhat". (jami' al usul)

Tetapi brang siapa yang ta'ammul tentang dajjal maka sesungguhnya apa yang didakwakannya merupakan hal yang batil, tidak ada sifat rububiyyah pun di dalamnya. Dia hanya seorang manusia yang miskin dan tidak mampu walaupun ia mampu untuk mendatangkan hal-hal luar biasa, ia makan minum tidur, kencing dan berak seperti halnya manusia biasa.

Sifat fisik dajjal: Rasulullah memberitahukan tentang sifat dajjal: berbadan kekar dan besar, kulit merah, rambut keras, buta sebelah matanya, tidak hanya buta tetapi memang terhapus matanya, sedang mata yang tidak buta cacat yaitu menonjol, berbadan pendek, dua kakinya saling berjauhan.
Sifat fisiknya yang lain yaitu tertulis antara dua matanya tulisan kafir ( كافرatau ك ف ر ). Tanda ini akan diketahui oleh orang mukmin saja.
Dan sifat yang lainnya bahwasanya dajjal itu mandul.
Dengan sifat-sifat cacatnya yang seperti ini pantaskah ia mendakwa sebagai tuhan ??!!

Kemampuan dajjal yang telah membuat fitnah, diantaranya:
kecepatannya dalam berpindah-pindah di dunia
ia mempunyai surga dan neraka
ia bekerjasama dengan jin
binatang dan benda-benda mati memenuhi perintahnya
ia mendakwa bisa menghidupkan orang yang telah mati

* Tempat keluarnya dajjal
Dajjl keluar dari arah timur dari negeri Persia. Disebutkan bahwa ia keluar dari kota : Khurasan. Tetapi perkata munculnya dajjal tersebar digolongan kaum muslimin ketika ia sampai di antara negeri Syam dan Iraq.

* Masa tinggalnya dajjal di bumi
Para sahabat bertanya Rasul tentang masa tinggal dajjal di muka bumi. Lalu Rasulullah menjawab: "40 hari, 1 harinya sepertihalnya satu tahun, 1 harinya sepertihalnya satu bulan, 1 harinya lagi sepertihalnya 1 minggu, dan hari-hari yang tersisa seperti hari-hari biasa". Mereka bartanya: "wahai Rasulullah, 1 hari yang seperti satu tahun, apakah cukup sholat di dalamnya seperti halnya sholat satu hari?. Beliau menjawab: "Tidak, kira-kirakan waktunya". ( HR. Muslim )

* Pengikut dajjal
Pengikut dajjal yang terbesar yaitu dari golongan Yahudi. Dajjal inilah yang sedang ditunggu-tunggu oleh kaum yahudi untuk memimpin dunia pada masa itu. Rasulullah bersabda: "pengikut dajjal yang terbanyak yaitu dari golongan kaum yahudi dan kaum wanita" (HR. Ahmad).

* Makkah dan Madinah terlindung dari dajjal
Ketika dajjal ingin masuk kota Makkah dan Madinah, maka ia tidak mampu untuk itu. Karena Allah telah melindungi dua kota tersebut lewat malaikat-malaikatnya.

* Cara aman dari fitnah dajjal
Seorang muslim dilarang untuk mendatangi Dajjal walaupun dia seorang yang imannya kuat. Karena dajjal membawa syubhat-syubhat yang dapat menggoncangkan keimanan seseorang. Jika terpaksa harus menghadapinya, maka hendaklah ia berusaha menyeru kepada kebenaran dan berdebat dengan cara yang baik Rasulullah juga memerintah kepada orang yang menghadapi dajjal untuk membaca pembuka surat al kahfi. Dalam riwayat lain disebutkan, 10 ayat terakhir surat al Kahfi.
Sebagaimana beliau memerintah untuk berdoa kepada Allah, memohon perlindungan kepadaNya dari fitnah Dajjal. Hal lain yang bisa melindungi dari dajjal yaitu berlindung di Makkah atau Madinah.

Dajjal dan pengikutnya binasa oleh Nabi Isa dan kaum muslimin -dengan kehendak Allah-.

NABI ISA –Alaihis salam- TURUN KE BUMI
Allah berfirman yang artinya: "padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak [pula] menyalibnya, tetapi [yang mereka bunuh ialah] orang yang diserupakan dengan ’Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang [pembunuhan] ’Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak [pula] yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ’Isa. (157) Tetapi [yang sebenarnya], Allah telah mengangkat ’Isa kepada-Nya [3]. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (158) (surat An Nisa)

Aqidah ahlus sunnah wal jama'ah tentang Nabi Isa yaitu bahwasanya Nabi Isa tidak disalib oleh kaum yahudi seperti yang disangka oleh mereka dan diikuti oleh kaum nasrani.

Ketika kondisi kaum muslimin sedang dalam kondisi yang serba sulit karena adanya fitnah dajjal, Allah menurunkan Nabi Isa, beliau turun di menara putih di damaskus timur. Nabi Isa turun ketika barisan muslimin untuk menghadapi dajjal sedang berbaris bershaf-shaf untuk sholat subuh, ketika sang imam (imam sholat)maju ke depan. Lalu sang imam mundur lagi untuk mempersilahkan Nabi Isa untuk memimpin sholat tapi Nabi Isa menolak.
Nabi isa turun untuk menjadi pemimpin. Memimpin dengan hokum Allah dan sunnah Rasulullah Muhammad Saw.
Hal yang pertama kali dilakukan oleh nabi isa yaitu menghadapi fitnah dajjal, nabi isa menuju ke baitul maqdis dimana dajjal berada di situ mengepung kaum muslimin, nabi isa memerintahkan untuk membuka pintu hingga bertemu dengan dajjal dengan 70.000 pengikutnya –dari kaum yahudi- yang semuanya membawa pedang. Pada waktu itulah Nabi isa berhasil membunuh Dajjal dan binasa pengikutnya.

Setelah Dajjal binasa, keluar Yakjuj dan Makjuj, mereka menghancurkan dunia, mereka datang untuk merusak dunia. Tetapi berkat pertolongan Allah mereka hancur di tangan nabi isa juga.
Setelah selesai ya'juj ma'juj, hal yang terbesar yang dilakukan nabi isa yaitu memimpin dunia dengan hokum Allah dan rasulNya. Tiada seorangpun yang diterima kecuali dalam kondisi muslim. Aqidah selain islam diperangi, hingga tiada agama atau aqidah kecuali islam.

Nabi isa memimpin dunia dengan adil. Rakyat sejahtera. Keamanan menyelimuti dunia pada masa itu. Manusia terkumpul dalam kalimatullah –laa ilaaha illallah-. Rakyat bersatu padu. Tidak ada hasad, iri dengki ataupun permusuhan. Hingga binatang yang beracun pun hilang racunnya, sampai-sampai jika seorang anak kecil memasukkan jarinya ke ular berbisa, maka ular itu tidak membahayakannya. Macan dan binatang buas lainnya tidak berbahaya. Keamanan dan kesejahteraan ada di mana-mana. Tiada yang disembah kecuali Allah.
Inilah masa keemasan yang paling jaya dalam sejarah manusia. Mereka hidup dalam keamanan, kedamaian dan kebaikan.

Nabi Isa tinggal di bumi selama 40 tahun, lalu wafat, dan kaum muslimin menyolatinya.

Rasulullah bersabda tentang keutamaan orang yang hidup bersama Nabi isa: "dua golongan dari ummatku, Allah melindunginya dari Neraka: golongan yang berperang melawan India, dan golongan yang bersama Nabi Isa" (Shohihul Jaami' )

KELUARNYA YA'JUJ MA'JUJ
Allah berfirman yang artinya: "Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. [5] (93) Mereka berkata: "Hai Dzulqarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu [6] orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?" (94) Zulkarnain berkata: "Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan [manusia dan alat-alat], agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka, (95) berilah aku potongan-potongan besi" Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua [puncak] gunung itu, berkatalah Zulkarnain: Tiuplah [api itu]". Hingga apabila besi itu sudah menjadi [merah seperti] api, diapun berkata: "Berilah aku tembaga [yang mendidih] agar kutuangkan ke atas besi panas itu". (96) Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka tidak bisa [pula] melobanginya. (97) Zulkarnain berkata: "Ini [dinding] adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku. Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku itu adalah benar". (98) Kami biarkan mereka di hari itu [1] bercampur aduk antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup lagi [2] sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya. (99) (Al Kahfi)

KEHANCURAN ISLAM, TERANGKATNYA AL QUR'AN, BINASANYA ORANG-ORANG SHOLIH.
Setelah Islam tersebar, ia akan melemah lagi, kejelekan dan kerusakan merajalela, al qur'an terangkat, ilmu hilang, orang-orang sholih wafat, tidak ada yang tinggal pada masa itu kecuali orang-orang fajir yang jelek akhlaq, pada masa merekalah hari qiyamat terjadi.

MANUSIA KEMBALI KE MASA JAHILIYAH DAN PENYEMBAHAN BERHALA
Ketika Islam hancur, Al qur'an terangkat, manusia kembali ke masa jahiliyah yang pertama atau bahwa lebih parah dari hal itu, mereka taat pada syetan dan menyembah berhala.
Pada masa ini, akhlaq dan moral turun

KA'BAH DIHANCURKAN OLEH "DZU AS SUWAIQOTAIN"
Barangkali pada masa itulah –masa rusaknya manusia- ka'bah dihancurkan oleh dzu as suwaiqotain.

MATAHARI TERBIT DARI ARAH BARAT
"Tidak terjadi hari qiyamat hingga matahari terbit dari arah barat, jika ia terbit dan manusia melihatnya, mereka beriman semua. Pada waktu itu keimanan tidak bermanfaat, jiwa yang asalnya tidak beriman maka keimanan yang terjadi pada waktu itu tidak bermanfaat…" (HR. Bukhori )

KELUARNYA SEJENIS BINATANG MELATA "AD DABBAH"
Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami [1]. (82) (AN NAML)

API KELUAR DARI ARAH YAMAN MENGGIRING MANUSIA KE BARAT
"Sebelum hari Qiyamat Api akan keluar menggiring manusia dari Hadramaut. Mereka bertanya: wahai Rasul, apa yang kau perintah kepada kami?. Rasul menjawab: tinggallah di syam" (HR. Tirmidzi)



[1] Tafsir Qurtubi

1 Responses to “silsilah iman kpd hari akhir -5-”

  1. # Blogger naruto onepiece

    Sekarang uamt Di Indonesia memang mengalami banyak masalah. Mulai dari opini terorisme dan yang terakhir kasus Ahmadiyah dan FPi menambah berat PR bagi kaum muslimin Indoneisa.
    http://agama.infogue.com/silsilah_iman_kpd_hari_akhir_5_  

Post a Comment

Links to this post

Create a Link



www.flickr.com

© 2006 ummi asiya | Blogger Templates by GeckoandFly| diutak-atil olehabi asiya .