« Home | silsilah iman kpd hari akhir ( 2 ) » | Rindu Baitullah » | fikih wanita bab puasa » | 10 Bulan Asiya » | Ramadhan di Kuwait tahun ini » | Tetangga -part 1- » | Ayo Asiya,lagi, lagi dan lagi :) » | Hunting Tema Untuk Persiapan "Risalah Jamiiyyah" » | The First Reading Quran and Memorizing Short Surra... » | Lomba Hafalan n Baca Al Quran untuk TKW »

SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR ( -3- )

SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR ( -3- )

· HARI QIYAMAT

*Hari kiyamat akan datang, tidak ada keraguan di dalamnya.
Keimanan terhadap hari qiyamat merupakan salah satu pokok ajaran Islam. Keimanan seseorang tidak sempurna hingga ia beriman terhadap hari akhir. Allah berfirman yang artinya :

Bukanlah suatu kebajikan itu kamu menghadapkan muka ke Timur dan Barat, tetapi kebajikan itu ialah berimannya seseorang kepada Allah, dan hari akhirat, segala malaikat, segala Kitab, dan sekalian Nabi; dan mendermakan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang miskin, orang yang musafir, orang yang meminta-minta, orang yang memerdekakan hamba abdi; orang mendirikan sembahyang, serta mengeluarkan zakat, dan perbuatan orang yang menyempurnakan janjinya apabila mereka berjanji orang yang sabar dalam masa kesempitan, dan kesakitan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar; dan mereka itulah juga orang yang bertakwa. (Al Baqarah : 177)

*Hari Kiamat telah dekat
Allah berfirman yang artinya : "Telah dekat hari Qiamat " (Al Qamar: 1). Rasulullah bersabda: "aku diutus dan hari qiyamat seperti ini (sambil menunjuk dua jari nya). (HR. Bukhori)

*Tiada seorang pun yang tahu kapan datangnya hari qiyamat secara pasti.
"Mereka bertanya kepadamu (wahai Muhammad) tentang hari kiamat: Bilakah masa datangnya? Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan mengenainya hanyalah ada di sisi Tuhanku, tidak ada sesiapa pun yang dapat menerangkan kedatangannya pada waktunya melainkan Dia. (Huru-hara) hari kiamat itu amatlah berat (menggerunkan makhluk-makhluk yang ada) di langit dan di bumi; ia tidak datang kepada kamu melainkan secara mengejut. Mereka bertanya kepadamu seolah-olah engkau sedia mengetahuinya. Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan mengenai hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Al A'raf :187)

*Tanda-tanda hari Qiyamat
Jika Allah menyembunyikan kapan datang hari Qiyamat, maka Allah telah menunjukkan tanda-tanda yang menunjukkan dekatnya hari qiyamat.
1. Tanda-tanda sughra yang telah terjadi dan selesai
2. Tanda-Tanda sughra yang telah terjadi, bisa jadi akan terulang lagi
3. Tanda-Tanda kubra

*Tanda – tanda sughra yang telah terjadi dan selesai
1. diutusnya Rasulullah
2. Terbelahnya bulan menjadi dua bagian. Hal ini terjadi pada masa Rasulullah Muhammad.
3. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Kiamat tidak akan terjadi sebelum api muncul dari tanah Hijaz yang dapat menerangi leher-leher unta di Basrah (HR. Bukhori )
4. berhentinya pembayaran jizyah dan kharaj

* Tanda-Tanda sughra yang telah terjadi, bisa jadi akan terulang lagi
1. Peperangan dan penaklukan kota-kota
2. banyak orang mengaku sebagai Nabi
3. Terjadinya fitnah-fitnah, diantaranya :
§ Terbunuhnya kholifah Usman Bin Affan, dan perpecahan ummat islam
§ Timbulnya kaum khowarij
4. Menyandarkan perkara kepada bukan ahlinya
5. Rusaknya kaum muslimin
6. “ Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya “
7. ummat-ummat non muslim berbondong-bondong untuk berusaha merusak ummat islam
8. munculnya harta yang sangat banyak
9. bisnis merajalela, silaturrahmi terhapus, saksi palsu, menebarkan salam pada orang yang dikenal saja.
10. berbaliknya perkara dan urusan.
11. kedholiman merajalela.

0 Responses to “SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR ( -3- )”

Post a Comment



www.flickr.com

© 2006 ummi asiya | Blogger Templates by GeckoandFly| diutak-atil olehabi asiya .