« Home | Rindu Baitullah » | fikih wanita bab puasa » | 10 Bulan Asiya » | Ramadhan di Kuwait tahun ini » | Tetangga -part 1- » | Ayo Asiya,lagi, lagi dan lagi :) » | Hunting Tema Untuk Persiapan "Risalah Jamiiyyah" » | The First Reading Quran and Memorizing Short Surra... » | Lomba Hafalan n Baca Al Quran untuk TKW » | Bingung... »

silsilah iman kpd hari akhir ( 2 )

SILSILAH IMAN KEPADA HARI AKHIR ( BAG 2)

QIYAMAT KECIL / BARZAKH / KEMATIAN

Qiyamat kecil yaitu kematian, barang siapa yang mati maka qiyamatnya telah datang. Qiyamat kecil juga dinamakan BARZAKH, artinya penghalang antara dua hal (dunia dan akhirat).

Kematian yaitu kebalikan dari kehidupan. Terkadang sesuatu didefinisikan dengan menggunakan kebalikannya.

Kematian adalah hal yang Lazim, waktu yang sudah ditentukan. Semua makhluk akan mati tanpa terkecuali. ( Lihat surat Ar Rahman : 26-27, Ali Imran : 185). Tetapi waktu kematian merupakan hal yang tidak diketahui kapan datangnya. Karena hanya Allah lah yang Maha Tahu akan hal tersebut. (lihat Luqman : 34)

Menjelang kematian. Hal – hal yang akan terjadi menjelang kematian :
Malaikatul Maut datang untuk mencabut nyawa, jika ia seorang mukmin maka malaikat yang datang dalam bentuk yang bagus, malaikat datang dengan membawa kabar gembira berupa ampunan dan ridho Allah, (fusshilat :30-32), sedangkan jika ia seorang yang kafir maka malaikat yang akan datang kepadanya akan datang dengan bentuk menyeramkan dengan membawa kabar gembira neraka, (al anfal : 50-51).
Sakaratul Maut. Dalam setiap kematian terdapat sakaratul maut. Sakaratul maut yaitu kedahsyatan dicabutnya nyawa. (Qaf : 19)
Harapan manusia untuk bisa kembali menjelang kematiannya. Jika ia seorang kafir, ia berharap supaya bisa kembali ke dunia supaya ia masuk islam. Jika ia seorang yang suka berbuat maksiyat, ia ingin kembali supaya ke dunia supaya ia taubat dan berbuat kebajikan. (Al Mukminun : 99-100). Tetapi harapan tinggal harapat, keimana tidak diterima ketika maut datang menjemput ( An Nisa: 17-18)
Seorang yang mukmin akan bahagia dengan kematian, karena ia akan bertemu dengan Tuhannya.

Sebab-sebab su'ul Khotimah. Di antara sebab-sebab su'ul khotimah,
Aqidah yang tidak lurus.
Berbuat maksiyat terus menerus
Melenceng dari Istiqamah
Cinta dunia dan lemahnya iman


ALAM KUBUR
Kedahsyatan alam kubur
Kubur menggencet
Fitnah kubur
Adzab kubur dan kenikmatannya.
Sebab – sebab adzab kubur, diantaranya :
1. tidak taharah dari kencing
2. adu domba
3. al ghulul
4. bohong
5. hijrah dari al qur'an
6. berzina
7. makan riba
8. orang yang mati dengan meninggalkan hutang tertahan di kuburnya karena hutangnya.
9. tangisan keluarganya ketika ia meninggal, tangisan ini karena yang meninggal berwasiat untuk menangis ketika ia meninggal.

PENYELAMAT ADZAB KUBUR
Hal yang bisa menyelamatkan seseorang dari fitnah dan adzab kubur yaitu hendaklah seseorang siap kapan saja untuk mati. Ia akan beramal kebajikan dalam hidupnya kapan dan di mana saja, sehingga ia tidak akan terkejut jika kematian menjemputnya. Termasuk cara siap2 untuk mati: bersegera dalam taubat dan kebaikan, memenuhi hak-hak, mempernyak amal sholeh, tidak suka berbuat maksiyat.


Doa berlindung dari adzab kubur:

اللهم إنِّي أََعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّم، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْر، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari siksa Jahannam, aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur, aku berlindung kepadamu dari fitnah Dajjal, dan aku berlindung kepadaMu dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian.

ORANG – ORANG YANG TERJAGA DARI FITNAH KUBUR

1. Syahid
2. muraabit
3. orang yang meninggal pada hari jum'at
4. orang yang meninggal karena penyakit di perutnya

KEMATIAN ADALAH MAU'IDHAH YANG TERBESAR

Rasulullah bersabda: "Jibril datang kepadaku lalu berkata: Wahai Muhammad, hiduplah semaumu, sesungguhnya kau akan mati, cintailah orang sekehendakmu, karena kau akan berpisah dengannya. Beramallah sekehendakmu, karena engkau akan diberi balasan…" HR. Hakim

0 Responses to “silsilah iman kpd hari akhir ( 2 )”

Post a Comment

Links to this post

Create a Link



www.flickr.com

© 2006 ummi asiya | Blogger Templates by GeckoandFly| diutak-atil olehabi asiya .